Skip to main content

Pengelompokan Teknologi Informasi


  1. 1.      Teknologi Komunikasi
Berbagai definisi teknologi informasi telah diutarakan oleh beberapa ahli, diantaranya :
  1. Haag den Keen (1996), Teknologi Informasi adalah seperangkat alat yang membantu  Anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
  2.  Martin (1999), Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras atau lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpaninformasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.
  3. Williams dan Swayer (2003), Teknologi Informasi adalah ternologi yang menggabungkan komputasi (komputer)  dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video.
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information and Communication Technologies (ICT), adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasiTeknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media. Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad ke-21 TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya.
Contoh dari teknologi komunikasi berupa:       
  •  Telepon
  •  Radio
  •  Wireless
  •  Televisi
  1. 2.  Teknologi Masukkan
Teknologi masukan (input technology) adalah teknologi yang berhubungan dengan peralatan untuk memasukkan data ke dalam sistem komputer. Piranti masukan yang lazim dijumpai dalam sistem komputer berupa keyboard dan mouse.
Contoh teknologi masukan:
  • Keyboard
  •  Mouse
  • Barcade
  • Touch screen
  1. 3.  Teknologi Keluarkan
Teknologi keluaran (output technology) adalah teknologi yang berhubungan dengan segala piranti yang berfungsi untuk menyajikan informasi hasil pengolahansistem. Layar dan monitor dan printer merupakan piranti yang biasa digunakan sebagai piranti keluaran.
  1. 4.  Teknologi Software
Perangkat lunak (software) atau dikenal juga dengan sebutan program. Untuk mengerjakan tugas komputer, diperlukan perangkat lunak sendiri. Sebagai contoh Microsoft Word merupakancontoh perangkat lunak pengolah kata yang bergunauntuk membuat dokumen, sedangkan Adobe Photoshop adalah perangkat lunak yang berguna untuk mengolah gambar.
  1. 5.  Teknologi Penyimpanan
Teknologi penyimpanan dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu memori internaldan penyimpanan eksternal.  Memori internal (biasa juga disebut main memory atau memori utama) berfungsi sebagai pengikat sementara baik bagi data, program, maupun informasi ketika proses pengolahannya dilaksanakan oleh CPU. Dua contoh memori internal yaitu ROM danRAM. ROM (Read Only Memory) adalah memori yang hanya bisa dibaca, sedangkanRAM  (Read Access Memory) adalah memori yang isinya bisa diperbaharui. Berbagai teknologi penyimpanan Penyimpanan eksternal (external storage) dikenal juga dengan sebutanpenyimpanan sekunder. Penyimpanan external adalah segala piranti yang berfungsi untuk menyimpan data secara permanen. Pengertian permanen disini berarti badata yang terdapat pada penyimpanan akan tetap terpelihara dengan baik sekalipun komputer sudah dalam keadaan mati (tidak mendapat aliran listrik). Harddisk, disket, CD &DVD dan flashdisk adalah contoh penyimpanan eksternal.
  1. 6.  Teknologi Mesin Pemproses
Mesin Pemroses (processing machine) lebih dikenal dengan sebutan CPU(Central Processing Unit), mikroprosesor, atau prosesor. Contoh prosesor yang terkenal saat ini, antara lain adalah Pentium dan PowerPC.
Terdapat macam-macam prosesor yaitu:
  • Micro prosesor
  • Prosesor
Sumber : 
https://widyaucit.wordpress.com/2011/12/01/pengelompokan-ti/

Comments

Popular posts from this blog

Sistem Informasi

Sistem informasi Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Sistem Informasi  (SI)  [1]  adalah kombinasi dari  teknologi informasi  dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. [2]  Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi  teknologi informasi dan komunikasi  (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis. [3] Ada yang membuat perbedaan yang jelas antara sistem informasi, dan komputer sistem TIK, dan proses bisnis. Sistem informasi yang berbeda dari teknologi informasi dalam sistem informasi biasanya terlihat seperti memiliki komponen TIK. Hal ini terutama berkaitan dengan tujuan pemanfaatan teknologi informasi. Sistem informasi juga berbeda dari proses

KOMPONEN UTAMA SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI

Ada 3 komponen utama TI, yaitu : Perangkat Keras (hardware) Perangkat Lunak (software) Orang (Brainware) 1.     Perangkat Keras (Hardware Komponen utama perangkat keras sistem komputer : Unit masukan : berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data / perintah ke dalam komputer. Contoh : keyboard, mouse, scanner, dll. Unit Pusat Pengolah (Central Processing Unit) : merupakan otak sistem komputer. Terdiri atas komponen aritmatika dan logika (Arithmatic and Logical Unit), Unit Kontrol (Control Unit / CU) dan Main Memory. Unit Keluaran : berfungsi untuk menampilkan/mencetak keluaran sebagai hasil pengolah data. Contoh : printer, monitor, plotter, speaker, dll. Media Penyimpanan (Memory) : digunakan untuk menyimpan data, informasi dan program pengolah. Komponen pendukung perangkat keras sistem komputer : I/O ports : digunakan untuk menerima atau mengirim data keluar sistem. Dihubungkan melalui I/O ports. Data Bus : merupakan jalur perpindahan data antar modul dal